Hot!

Apa Itu Nirmana, Jenis-jenis, Dan contohnya


APA ITU NIRMANA?
      
     Dibentuk dari dua kata yaitu nir berarti tidak, mana berarti makna, jika digabungkan berarti tidak bermakna atau tidak mempunyai makna. Jika di artikan lebih dalam nirmana berarti lambang-lambang bentuk tidak bermakna, dilihat sebagai kesatuan pola, warna, komposisi, irama, nada dalam desain. Bentuk yang dipelajari biasanya diawali dari bentuk dasar seperti kotak, segitiga, bulat yang sebelumnya tidak bermakna diracik sedemikian rupa menjadi mempunyai makna tertentu.

     nirmana berbicara tentang harmoni, keselarasan soal rasa, dan impresi pada sebuah bentuk. nirmana tidak hanya mencakup 2 dan 3 dimensi saja melainkan menjelajah sebuah ruang yang disebut dengan ruang maya.
     Pengaplikasian nirmana mutlak dilakukan dalam semua bidang seni rupa dan desain. Contohnya adalah fotografi, bidang seni ini mempunyai kemampuan melakukan eksekusi ini dengan sangat baik. Kapabilitas fotografi yang merekam obyek setepat-tepatnya dapat kita kacaukan dengan nirmana. Tentu kita sudah biasa jika melihat langit yang jauh yang berwarna biru dan pepohonan yang dekat dengan warna hijau. Namun dengan nirmana, langit dapat kita beri warna panas (orange/ kuning) untuk menciptakan kesan objek tersebut dekat dengan kita. Dan pohon dengan warna dingin (misal biru) untuk memberi kesan objek tersebut jauh dengan kita.
     Hal ini dapat kita terima karena kita memandang dari nalar bentuk. Disinilah seni dan desain dapat dinilai atas dasar kualitas artistiknya, yaitu menilai segala sesuatunya dari sisi bentuk, bukan dari hal-hal di luar bentuk
(Irama Visual, 2007, hal. 160).
     Nirmana terdiri dari 2 jenis, yaitu nirmana 2D(dwimatra)atau lebih dikenal nirmana datar , nirmana 3D(trimatra)atau dikenal nirmana ruang.nirmana 2D adalah nirmana yang dibuat diatas bidang datar, memiliki panjang dan lebar.nirmana 2D melatih kepekaan mahasiswa untuk unsur-unsur rupa seperti warna, bentuk, garis,dan penerapannya. Dan mempertimbangkan komposisi, irama, dan kesatua kedalam karya bidang datar itu sendiri menjadi kesatuan yang harmoni.atau selaras. Nirmana 3D dibuat diatas bidang yang mempunyai panjang, lebar, tinggi, dan memiliki ketebalan, ruang serta volume. Sama seperti nirmana datar, sama-sama melatih kepekaan mahasiswa , dan melatih kreatifitas dan kepekaan estetis dalam bentuk 3 dimensi, serta pengenalan material seperti bahan ,struktur dan juga sifatnya. Perbedaannya dengan nirmana datar hanyalah karya 3 dimensi dinikmati dari berbagai sudut pandang secara serempak untuk mencapai keserasian rupa.
Unsur-unsur nirmana
1.     Titik
     Adalah unsur visual yang ukurannya relatif kecil, tidak memiliki panjang atau lebar, dan pangkan dari ujung sebuah garis atau bentuk yang akan dibangun.
2.    Garis
     Sebuah titik yang berjalan, jalur yang dilaluinya adalah garis. Garis adalah sesuatu yang membatasi bentuk dan menyatakan ruang. Dalam penggunaan, garis memiliki arah horizontal dan vertikal dan diagonal. Dalam desain, peran garis adalah untuk memberi aksen, pembatas, atau kolom.
·         garis lurus         : garis vertikal, horizontal, dan diagonal
·         garis lengkung : lingkaran, setengah lingkaran, bentuk S, gelombang, bentuk spiral.
3.    Bentuk
     Adalah sesuatu yang memiliki wujud atau shape yang tampak dari suatu benda. Khususnya untuk benda-benda 2 Dimensional.
Bentuk terbagi menjadi 2 macam, yaitu :
·         bentuk organis, segala sesuatu yang terdapat dialam bebas misalnya batu, atau daun. Biasanya wujud bentuk organis tidak kaku.
·         Bentuk non organis, atau bentuk geometris, yaitu segala bentuk ciptaan manusia. Memiliki 3 dasar yaitu segitiga, bujur sangkar, dan lingkaran. Atau basic form.
4.    Ruang
     Adalah bentuk 2 atau 3 dimensional. Bidang atau keluasan positif atau negatif yang dibatasi oleh sebuah limit. Terjadi karena persepsi mengenai kedalaman sehingga terasa jauh dan dekat, tinggi dan rendah. Bersifat positif dan negatif, datar atau ilusi,. Memiliki dimensi panjang, lebar, dan dalam.ruang dikatakan datar atau flat bila semua bentuk terletak diatas bidang 2 Dimensi dalam bidang gambar atau kertas.
5.    Tekstur
     Adalah sifat dan kualitas fisik dari suatu benda. Kasar, halus, keras, lunak dan sebagainya tekstur terbagi menjadi 2 jenis, yaitu tekstur nyata dan tekstur semu, masing-masing terbuat dari alam dan ciptaan manusia.tekstur buatan alam yaitu tekstur yang tercipta murni dari alam, sedangkan tekstur buatan manusia adalah tekstur yang tercipta dari buatan tangan manusia dan media atau teknik tertentu.tekstur nyata adalah tekstur yang teraba secara fisik, memiliki permukaan yang khas yang bisa teraba oleh indra peraba. Sedangkan tekstur semu adalah tekstur yang tidak dapat teraba secara fisik tetapi secara kasat mata tampak seperti ada tekstur yang dapat diraba.
     Di UNJ (Universitas Negeri jogja) aku mendapat pelajaran nirmana dwimatra pada semester 1 sebanyak 2 sks, kuliahnya cukup menyenangkan, yaaa happy tingkat kelurahan lah... Setelah diberikan dasar2 nirmana dwimatra serta pendalamannya kami pun hanya diberi tugas (Bukan uang lho ya XD) membuat karya nirmana sebanyak 21 lembar terdiri dari nirmana titik, garis, bidang, ruang & tekstur dalam kurun waktu 1 semester kuliah.
      Tapi sayangnya penilaian dilakukan secara gembuduk lah pokoknya, jadi saya tidak tau mana karya saya yang masih kurang dan mana yang punya nilai plus plus (jangan ngeres), udah gitu nilainya Cuma ditulis dibelakang sampul lagi (:v aku rapopo). Padahal ditiap lembar kan udah dikasih kolom nilai ( Yang nyuruh dosennya lho) trus buat apa kolomnya???, buat renang kali ya…… )ow itu kolam :v.
     Cat yang aku pake ini tipenya akrilik, tapi akrilik bukan sembarang akrilik, ini namanya “Akrilik Oplosan”. Jadi Cuma beli cat Tembok putih yang ada kandungan akriliknya (biasanya didepan kemasan ada tulisannya) aku beli merk mowilex ukuran paling kecil harganya sekitar 53 ribu dibagi 2 sama temen q, sama beli Pigment warna primer (merah kuning biru) 8000x3. Sma beli kuas merk lyra harganya 7000 (kuasnya yang lancip bukan kuas lukis). Ow iya sama parkirnya 1000 ditoko cat+1000 di took merah, Jadi total keseluruhannya 26.500 +24.000+1000+1000=57.000 (klow gak salah ya itungannya). Hingga Mapel Nirmana 2D usai catnya masih banyak, berkurang setengahnya aja belum. Rencananya mau tak buat ngecat kos, eh ternyata masih kepakek di kuliah gambar ornament semester 2.
     Mau tau gak aku dapet nilai apa??? B+, yaaa lumayan lah, tapi gak awesome (bener gak ya tulisannya). Nah buat para…. Apa ya sebutan buat pembaca di blog ini ? sebut saja mawar ya… :v (enggak bercanda, nanti dipikirin dulu) buat para pembaca yang ingin melihat karya2 saya yang saya buat dengan segenap keberusahaan dan peras keringan,  cekidot……
(Tabel warna)
     Sebelum membuat nirmana, kami terlebih dahulu ditugaskan membuat diagram warna sebagai pemanasan & melatih mencampur warna.

     Ini karya nirmana yg pertama, awalnya Cuma saya buat lingkaran-lingkaran hitam sama satu lingkaran merah ditengah itu, tapi waktu mau di acc dosennya bilang titiknya kebesaran, ya…. Aku tambahin deh titik2 putih dan jadilah….. buah pace (mengkudu kalo gak tau)
     Nah ini yang kedua, gak ada yang perlu dibahas kali ya..
     Ini Nirmana Titik yang ditambah Ilusi,
     Sebenernya ini juga mengandung efek ilusi pada warna, Cuma lingkaran warna putih yang tengah agak gak mau sinkron (mungkin harusnya dikasih warna agak cerah kali ya…)

 
     Biasa kali ya, buatnya cukup enak tinggal garis lurus. Cuma catnya kurang air jadi teksturnya kurang rata (gak bisa liat ya? Bukan dosen sih :v )


     hampir ditolah dosen karena gayanya monoton kayak yang di atas tapi….. ya sudahlah akhirnya gpp..


     Buatnya Cuma pake kartu perdana im3  yg gede, pinggirannya dicelup2 cat, terus tinggal colek2 si kertas deh ( kartu perdananya genit ya XD)


     Backroundnya pake kertas manila warna hitam biar gak kelamaan ngecat , bata dosennya boleh asal jangan semua cukup satu dua karya aja. Modelnya simple & gak rapi, maklum soalnya dibuat H-1 pengumpulan.


     Pertamanya ditolak karena itu membentuk wajah (Nirmana harusnya tanpa makna) tapi ya okelah aku utek2 biar gak mirip wajah, ya itu deh jadinya


     Pertamanya Cuma 2 lingkaran diluar itu (gw kan pendukung program KB), terus disuruh nambahin lagi, ya terpaksa aku tambahin 2 lagi deh. Ilusinya keliatan jelas yaa….


     Softly & harmonis


     Buatnya cukup ribet karena nyampur pake banyak warna

     Pertamanya depannya saya kasih emoticon2 eh malah suruh dihapus :v , apa boleh buat..

     Terinspirasi dari logo Antivirus

     Garisnya kurang lurus kali ya….


     Ini mnrt q udah bagus, tapi kata dosen (lagi2 kata dosen gak ada yg lain missal kata astronaut gitu :v lol) kata dosen coba lebih di mlungkerkan lagi  “Mlungker???”, lagian mlungkerinnya gimana?, kertasnya digulung??? Whatever…


     Ini medianya cangkir ama kopi( dikasih dikit cat biar lebih mengental). Emang paling enak buat nirmana jenis ini, Cuma tempel2 ke permukaan yang bertekstur aja.

     Pertamanya gw tebelin cat di kertas, trus gw tumpuk pake nampan, eh gak jadi malah kertasnya sobek karena kebasahan kebanyakan cat, sebagai insane yang terdidik gw mikir donk :D. Akhirnya gw balik, gw cat dlu nampannya abis itu gw cap’in di kertas dan taraa, kertasnya gak rusak dan teksturnya lebih keliatan.


     Bahannya Cuma kain bekas, backgrounya bekas celana, yang biru bekas potongan kain konveksi, trus yang putih daleman jaket :v. Hidup hemat

     Ini menurut gw cukup ekstrim, gw pakek Duri kulit evorbia (gak tau evor bia? Cari cara kek biar tau) yang gue keringin terus digunting kotak2. Sebenernya  gw nyusunnya selang-seling kayak papan catur tapi kayaknya gak keliatan ya. Waktu kemarin gw ambil ini di ruang dosen eh durinya pada gepeng soalnya karya gue ditumpuk paling bawah XD.
     Nah lembaran2 itu gw jilid jadi satu, yaaaa karena budget terbatas, nglubangin sendiri satu persatu, jilid sendiri deh. Covernya gw desain Muka sendiri dengan gaya WPAP & dicetak stiker chromo (Rp.5500) terus ditempelin dikertas karton yang agak tebel. Ini dia penampakannya:


     Nah ini dia yang sedikit gw singgung diatas, nilainya Cuma 1  diselipin dibalik cover lagi :v
     Ow iya setelah buat cover gw juga disuruh buat sekilas tentang nirmana, mungkin gw yang paling keliatan mahal karena yang lain Cuma ditulis tangan :v (Cetak ivory Rp.2000).
     Nah cukup segitu  cerita gw dan nirmana, ikuti terus cerita2 gw bersama mata kuliah seni rupa lainnya. Ow iya jangan lupa komen, Like & Share Postingan ini ya, biar blog tambah rame, tambah juga postingan yang lebih oke. Jika pingin liat kuliah seni rupa saya yang lain klik di samping kanan dan pilih kategori seni rupa. Semoga bermanfaat

3 komentar: